Cari Blog Ini

Jumat, 19 Oktober 2012

"Apalah Arti Sebuah Nama?" Berarti Banget!!!

Beberapa waktu lalu, sempat lewat di depan toko perhiasan yang dimaksud pada 2 tulisan yg lalu, dan tebaklah apa warna seragamnya kali ini.... orange menyala saudara-saudara!!! Tinggal kasih topi dan sempritan, ga ada beda sama tukang parkir. padahal orang yang masuk disana mau beli barang yang termasuk 'barang berharga', 'eksklusif', dan 'investasi penting', tetapi yang melayani kok tukang parkir. well...well...well... mudah2an ga bikin ilfil yang beli.

Anyway, talking about uniform is also talking abour brand. Yes... the product's brand that is printed on the uniform. bisa restoran, salon, atau produk apa saja yang tertulis di seragamnya. Nah, ketika berkeliling kota, saya sudah menemukan dua tempat yang memiliki nama yang sama, satu restoran, satunya lagi tempat potong rambut atau barber.Namanya ini bikin saya geregetan. Apa itu??.... 'LUMAYAN'. Restoran bernama 'Lumayan", dan Tukang Potong Rambut "Lumayan"

Shakespeare bilang "Apalah arti sebuah nama?", saya bilang kalau menyangkut sesuatu yang dijual berarti banget!!!

Coba pikirkan dialog ini terjadi di restoran itu...
Customer : (sambil membolak-balik menu) Pak, apa ya yang paling enak di restoran ini?
Pelayan : (dengan yakinnya) Oh, tidak ada pak. Disini semuanya LUMAYAN...
Customer : Heh??(bingung)

Begitu juga di tukang potong rambut :
Customer : Pak, terserah deh mau dipotong gimana, pokoknya jadi tambah cakep ya....
TUkang potong rambut : Wah, ga bisa mas, paling mentok, yaa..., LUMAYAN, laah...
Customer : (langsung balik badan, sambil geleng2)

Para usahawan/ti dan wirausahawan/ti, buatlah merek yang membuat orang percaya pada mutu produk Anda. Kata "Lumayan" berarti biasa, tidak ada yang spesial, bahkan tidak bagus. Siapa yang mau membeli produk yang hanya membuatnya biasa saja. Orang lebih suka merek yang bisa berbicara dengan percaya diri tentang produknya sendiri. Contoh seperti "T*P Coffee" yang memasang Iwan Fals jadi ambassadornya. Saya rasa produk ini tampil percaya diri.

Walau produk atau usaha Anda baru dirintis dan mungkin masih memakai tempat dan peralatan yang belum memadai, yakinlah pada produk  yang Anda berikan dan berilah nama yng pantas dipercaya. Pakai kata-kata seperti super, jaya, dan kata-kata menggebrak lainnya. Dengan nama yang bagus, pelanggan lebih ingin mencoba dan akhirnya kepercayaan diri produk akan menular pada pemiliknya, bukan??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar